Blogroll

Pages

Asah ketangkasan mengemudi anda dengan mengikuti 9 langkah slalom berikut ini:
1) Utamakan posisi, kemudian baru kecepatan. Memosisikan mobil dengan strategis lebih penting daripada mencoba mencapai potensi kecepatan yang tertinggi. Sebagai contoh, anda akan mengurangi lebih banyak waktu dengan memosisikan mobil mendekati cone daripada menambah kecepatan 1 atau 2 km/jam. Hal yang sama berlaku juga untuk putaran 90 derajat. Dan posisi sangat integral juga untuk kecepatan karena apabila anda tidak berada di posisi yang benar maka anda tidak bisa mendapatkan kecepatan yang maksimum. 2) Belok lebih awal. Untuk mencapai kecepatan tinggi ruang untuk berbelok mesti lebih leluasa. Dan satu cara untuk mendapatkannya anda mesti membelok lebih awal.
3) Rem lebih cepat, namun tidak terlalu kuat. Menunggu sampai kemungkinan detik terakhir ketika mendekati suatu tikungan dan kemudian menginjak rem di posisi yang tepat supaya mencapai kecepatan yang diinginkan sangatlah sulit untuk dilakukan secara konsisten. Lebih baik anda menginjak rem lebih awal dan tidak terlalu keras maka anda nantinya bisa menambah atau mengurangi intensitas rem ketika anda mendekati titik tikungan. Ini akan membuat laju mobil anda lebih konsisten dan mulus.
4) Angkat pedal gas lebih awal daripada menginjak rem kemudian. Melanjuti aturan #3, ketika anda merasa perlu untuk mengurangi kecepatan, lakukan dengan mengangkat pijakan kaki dari pedal gas. Dengan ini dampak buruk terhadap mobil dapat dikurangi, lebih mudah dilakukan dan lebih konsisten.
5) Lebih mudah menambah kecepatan di belokan daripada menguranginya. Apabila anda berada di bawah batas kecepatan, pijakan yang ringan di pedal gas akan menambah kecepatan lebih tanpa tambahan efek samping. Tapi di lain pihak, apabila anda terlalu cepat dan ban mobil mulai terasa goyah, maka yang anda bisa lakukan adalah mengurangi gas dan menunggu sampai ban menggunakan tambahan kekuatan tersebut menjadi asap dan panas. Jangan gunakan ban anda sebagai rem!
6) Gunakan kaki kanan -bukan roda kemudi- anda untuk memodulasi posisi mobil. Dalam sebuah belokan, di saat anda menentukan posisi steering yang tepat untuk menjaga posisi belokan, mengangkat pedal gas sedikit akan membuat mobil mendekati sisi cone. Sebaliknya, dengan sedikit menambah gas akan menggerakkan mobil menghindari cone. Lebih mudah untuk membuat koreksi kecil dalam posisi dengan variasi slip-angle ban daripada menggunakan steering wheel.
7) Kendali roda kemudi sedikit dilepaskan, kemudian tambah tenaga. Apabila mobil menggunakan semua kapasitas ban untuk membelok, maka anda tidak bisa lagi melakukan penambahan kecepatan.
8) Untuk slalom, mendekati cone sangat penting untuk mendapatkan kecepatan tinggi. Untuk mendekati, anda mesti mengurangi laju mobil, yang berarti ruang berbelok yang lebih luas.
9) Tangan mengikuti mata, mobil mengikuti tangan.


10) Amati rute jalan, jangan hanya memandang ke depan. Otak anda hanya akan beroperasi
Wii Pointer #1 Normal