Blogroll

Pages

Binatang TOMCAT

Udah denger Tomcat belom  sahabat BLACKnews pastinya udah donk, nah kita bahas si Tomcat


informasi umum mengenai Tomcat,

Tomcat (paederus) adalah seekor seangga yg berasal dari keluarga kumbang (insect), di beberapa daerah di Indonesia, tomcat dikenal atau di sebut juga dengan nama semut kenap atau semut kayap.
nah istilah Tomcat sendiri di ambil dari nama pesawat tempur "padahal itu serangga ga ada mirip"nya sama pesawat".

  • Ukuran serangga Tomcat hanya 7-8mm(dewasa).
  • tapi dia punya racun pederin $ racun toksin yg dimiliki ular kobra namun lebih kuat, tapi tidak menyerang syaraf dan pembuluh darah seperti racun ular kobra.
  • berwarna orange pada ekor & leher, ujung ekor dan kepala hitam, dan berwarna biru kemilau kehijauan di sayapnya.
  • bila merasa terancam Tomcat akan mengeluarkan racunnya yang berbentuk cairan dari  dalam tubuhnya tersebut.



Nah jika terkena kulit si Racun  toksin dan pederin pada Tomcat dapat menimbulkan efek yg cukup menyakitkan pada kulit, maka jika terjadi kontak dengan serangga ini harus segera mencuci benda atau anggota tubuh yang tadi terjadi kontak dengan Tomcat.

Biasanya, jika kulit terkana racun Tomcat tidak akan lang terlihat efeknya, tapi dalam waktu 12-36jam, kulit yg terkena racun akan berwarna kemerah-merahan, gatal-gatal, dan pada akhirnya akan terjadi iritasi.
Gejala ini akan terjadi selama 2-3 minggu, dan penyakit hasil iritasi racun Tomcat biasanya disebut Dermatis Peaderus, Dermatis Linier juga Dermatis Linieris (iritasi karena kontak dengan Tomcat).

Nah sahabat  BLACKnews ada juga nih Tips menghinadari terkena racun Tomcat dan Tips setelah terjadi contak  dengan Tomcat
inilah Tipsnya kawan.
  • Tentunya hindari kontak langsung dengan si Tomcat karena jika bersentuhan sama saja menempelkan kulit anda pada racun. karena kulit akan terasa panas kemudian muncul bintik-bintik berair (nanah) dan juga bekas hitam pda kulit. Jika serangga Tomcat menempel pada kulit jangan panik usir dia dengan meniupnya atau dengan kertas dengan tenang jangan sampai dia merasa terancam dan jangan mengusirnya dengan di pukul seperti nyamuk karena racunnya dapat muncrat di kulit.
  • Bilas bekas organ  tubuh yg tadi terkena contak dengan air mengalir dan cucilah dengan sabun, kemudian  kompres menggunakan antiseptik dingin atau alkohol.
  • Pasang kasa nyamuk dan dan pastikan tidak ada celah bagi serangga tersebut masuk jika perlu gunakan saringan pentilasi anti nyamuk.
  • Jangan pernah menggosok daerah yang terinfeksi racun tomcat agar tidak terjadi penyebaran racun pada kulit yang tidak terkena sebaiknya di bersihkan seperti poin pertama.
  • Bersihkan lingkungan rumah anda dari tanaman tidak berguna.

Note: binatang Tomcat adalah hewan yang tinggal di tumbuhan mangrove dan pastinya hutan mangrove adalah tempat tinggal alaminya, dan karena kerusakan hutan mangrove binatang Tomcat berkeliaran di pemukiman warga.
Disamping menakutkan warga saat ini, di sisi pertanian binatang Tomcat adalah sahabat bagi petani ," mengapa begitu....?" jawabannya adalah : di Alam Binatang Tomcat dalah pemangsa alami dari wereng sejenis binatang yang dapat merusak tanaman atau HAMA.
Info: penyebaran hewan Tomcat saat ini adalah sekitar Jawa timur, sebagian madura dan bali.

Nah sabat BLACKnews itu tadi adalah berita seputar binatang Tomcat yg sedang terkenal saat ini cuman sayang belum sampai menyaingi briptu Norman heheheh,  sekian Wasalam and  See YOU.....

Copyright & Posting By :http://ciricara.com/

edite by : BLACKnews





Wii Pointer #1 Normal